Login
Register

Anda ingin berlibur tapi tetap ingin dekat dengan kuda? Ada banyak sekali tempat liburan yang menyediakan wisata berkuda. Namun, kali ini maukah anda menonton show kuda? Pernakah anda dengar tentang Cavalia? Cavalia adalah salah satu show kuda yang sangat menakjubkan. Jika anda sedang ingin berlibur, berliburlah ke California, USA dan beli tiket pertunjukan Cavalia untuk bulan November 2017 ini. Saya sangat bersyukur pernah berkesempatan menonton show yang begitu spektakuler itu. Di Tahun 2014 lalu Cavalia mengadakan pertunjukkannya di Singapura. Berikut pengalaman saya disana. Semoga dapat menjadi inspirasi kunjungan anda ke Amerika nantinya.

Tampak tenda putih megah berdiri dengan kokohnya diiringi dengan riuh suara penonton yang bersiap menyaksikan aksi pertunjukan malam itu. Seketika cahaya lampu mulai terbenam setelah para penonton menemukan tempat duduknya masing-masing. Kemudian suasana mulai hening dan alunan musik mulai terdengar. Namun lampu perlahan mulai menyala namun hanya remang-remang dan dari sisi kiri panggung keluarlah berberapa ekor kuda arab putih yang begitu anggun. Kuda kuda itu menghias panggung dengan indah sehingga suara penonton pun terdengar tercengang dengan apa yang mereka lihat dan mereka pun mulai bertepuk tangan.  Sungguh pembukaan yang sangat menawan dan menyentuh semua hati para orang yang duduk di dalam teater tenda putih yang telah dibangun khusus di Marina Bay Sands (Singapura) untuk Cavalia, show yang teatrikal dan spektakuler yang menggunakan multimedia inovatif dan produksi multidisiplin. Pertunjukan tersebut adalah kreasi Normand Latourelle, yang juga merupakan salah satu co-founder dari Cirque du Soleil dan kini telah dirancang khusus untuk mempesona para penonton singapura dari bulan Agustus hingga Oktober 2014.

Cavalia dinikmati hingga empat juta orang; diantaranya adalah negara-negara seperti Amerika Utara, Eropa, Australia dan Timur Tengah. Produksi yang mewah ini melibatkan 50 kuda yang menakjubkan, 46 riders, aeralis, acrobat, penari dan musisi dari seluruh dunia. Show yang sangat unik ini merayakan hubungan antara manusia dan kuda dalam seni berkuda. Kata “Cavalia” sendiri adalah sebuah kata rancangan yang diberi inspirasi oleh kata kuda dalam bahasa spanyol (caballo) dan perancis (cheval) dan kata kavaleri dalam bahasa inggris (cavalry). Normand Latourelle sering berkata bahwa suatu hari ia ingin membuka kamus dan melihat kata “Cavalia” mendefinisikan produksi multimedianya tentang sejarah hubungan manusia dan kuda.

Pada saat itu saya berkesempatan untuk meliput acara tersebut dan diberikan akses ke belakang panggung untuk melihat proses pembuatan Cavalia dari belakang layar. Pada saat acara, saya diberikan tiket Rendevouz yang berupa tiket VIP. Sebelum acara dimulai para penonton kelas Rendevous dipersilahkan ke sebuah tenda dimana makan malam dan open bar sudah siap disantap. Selain itu juga para penonton dapat berbelanja souvenir atau merchandise di butik Cavalia. Kemudian setelah acara selesai kami diperbolehkan tur keliling kandang kuda untuk melihat para bintang berkaki empat. Keesokan harinya kami diundang meliput Cavalia secara lengkap dimulai dengan makan siang bersama para anggota Cavalia dengan menyantap makanan yang dihidangkan oleh chef pribadi Cavalia. Setelah makan siang kami diajak keliling oleh Alain Gauthier choreographer Cavalia dan Geodezik-Etienne Cantin sang pengelola multimedia.

Pertunjukkan yang begitu menyenangkan, menegangkan dan menyentuh ini memperlihatkan harmonisasi keindahan dan alam dengan visualisasi yang menyihir para penonton untuk berimajinasi berkeliling dunia, menyebrangi darat dan laut dalam pertunjukkan yang menonjolkan kemahiran equestrian dan seni rupa. Cavalia didukung oleh state-of-the-art-multimedia, dan dapat dideskripsikan sebagai sebuah petualangan panjang dan demonstrasi fantastis tentang horsemanship yang membawa audience ke dalam lingkungan virtual.

Pelatihan Cavalia juga bedasarkan filosofi pengertian, kebutuhan, keunikan dan emosi para bintang berkaki empat. Keunggulan pertunjukkan ini, yang dilakukan oleh seluruh anggota Cavalia, adalah saling menghormati, berbaik hati, bersabar dan saling percaya. Hal ini dapat dilihat dari reaksi para penonton yang tersentuh oleh ikatan batin antara kuda dan manusia.

Sebagai orang yang sering berhubungan dengan kuda dalam equestrian pun akan tercengang dengan ketenangan para kuda dalam pertunjukkan ini . Dalam ajang ini kuda bekerja sama dengan berbagai ragam seniman di depan latar belakang yang selau berubah secara digital dan di projeksikan pada layar selebar 60 meter. Hal tersebut mengundang para penonton untuk hanyut ke dalam alam virtual yang berupa seperti mimpi. Tidak seperti pertunjukkan kuda tradisional, penonton Cavalia menghadap sebuah panggung dengan lebar 50 meter yang memberi kebebesan kuda untuk gallop dengan kecepatan tinggi. Dalam berbagai adegan pun ada berberapa kuda yang berlari bebas tanpa halter atau bridle.

Saya juga berkesempatan menengok para kuda di stable dimana saya dibimbing oleh Fairland Ferguson salah satu stunt dan roman rider. Ia memperkenalkan saya pada setiap kuda termasuk Henry seekor paint horse yang merupakan kuda tunggangan kesayangannya. Kuda kuda Cavalia diperlakukan seperti diva. Selain mereka diberi perhatian khusus lewat grooming dan kasih sayang para ridernya mereka juga diberikan treatment massage. Kami pun diperbolehkan mencoba memijit salah satu quarter horse palomino bernama Spirit. Ia tampak sangat menikmatinya.

Setelah itu saya mengunjungi ruang make-up dan kostum dimana Katherine Cox salah satu performer memperagakan pemakaian make-upnya dan memperlihatkan kostum panggungnya. Selain itu juga saya diantar untuk melihat semua kostum di ruang wardrobe. Ada lebih dari 500 item kostum dan ada 100 pasang sepatu.

Panggung Cavalia bertempat di bawah tenda putih dengan atap sebesar 2,440 meter persegi dengan tinggi 35 meter yang memberikan arena bermain yang cukup luas untuk para kuda untuk beraksi bersama para pelatih dan seniman. Tenda megah ini , yang disebut White Theatre Tent, adalah tenda touring terbesar di dunia. Selain tenda ciri khas Cavalia, produksi ini juga membawa semua peralatannya mulai dari fasilitas dan perlengkapan kuda hingga perlengkapan para seniman dalam container masing-masing. Tidak ada satupun hal yang disediakan oleh negara yang dikunjungi selain tempatnya saja.

Pusat dari produksi Cavalia adalah di Montreal, Kanada, bernama Cavalia Inc. yang merupakan perusahaan entertainment yang berspesialisasi dalam kreasi, produksi dan touring dari berbagai pertunjukkan inovatif untuk semua umur. Perusahaan yang juga didirikan oleh Normand Latourelle ini, juga memiliki keahlian dalam equestrian dan seni rupa dan terkenal sebagai perancang tehnologi yang paling maju, multimedia dan special effects, yang menghasilkan kreasi-kreasi menakjubkan, unik, dan pertunjukkan yang belom pernah dialami penonton dalam sebuah teater. Cavalia, yang pertama kali diluncurkan di tahun 2003 ini sudah memikat para penonton di kota-kota di Kanada  seperti Shawinigan, Quebec, Toronto, Ontario Montreal dan juga memberi pertunjukkan di Amerika Utara di kota San Fransisco, Glendale, Seattle, Berkeley, San Diego, Santa Monica, Phoenix, Boston, Washington DC, Houston, Las Vegas, Irvine, Chicago, Atlanta, Miami, Tampa, Charlotte, New York, Denver, Burbank St. Louis, Minneapolis, Portland dan juga berbagai kota di Eropa seperti Brussels (Belgia), Amsterdam (Belanda), Berlin (Jerman), Duesseldorf (Jerman), Barcelona (Spanyol), Madrid (Spanyol), Bilbao(Spanyol), Knokke (Belgia), Lisbon (Portugal), Valencia (Spanyol). Selain itu di Cavalia juga berkunjung ke Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide dan Perth (Australia. Di tahun 2014 Cavalia mulai berkunjung ke timur tengah dan asia, seperti Abu Dhabi (UAE), Dubai (UAE) dan kini Singapura.

FACTS AND FIGURES :

Seniman

  • Seniman Cavalia yang berupa acrobat, penari dan rider berasal dari Kanada, Perancis, Belgia, Amerika, Morocco, Australia, Moldavia, Spanyol, Afrika Selatan dan Swedia.
  • Ada lima musisi yang merupakan 1 penyanyi, 1 pemain gitar, 1 pemain keyboard, 1 pemain bass, 1 pemain drum, dan 1pemain cello.
  • Para seniman rata-rata berusia 25 tahun.
  • Para seniman memakai tata riasnya sendiri sebelum setiap pertunjukkan. Mereka mengikuti guidelines yang sudah disiapkan olehh make-up designer dan memandang foto-fotonya sendiri untuk melihat apakah kreasi mereka sudah sempurna.
  • Live band harus mengikuti semua perubahan dalam pertunjukkan karena kuda dapat melakukan hal diluar dugaan
  • Lirik lagu Cavalia adalah dalam bahasa Perancis dan Spanyol.
  • Untuk setiap adegan, pengelola band harus memberikan lebih dari 300 aba-aba kepada anggota band.
  • Platform musisi yang lebarnya 35 meter persegi dan tingginya 4 meter diblakang layar kolosal. Booth musisi dilengkapi dengan 3 sistem kontrol udara untuk memaksimalkan kualitas sound.

Kuda

  • Cavalia menampilkan 50 kuda yang merepresentasikan 11 jenis yang berbeda: 20 Pure Spanish Breed, 11 Quarter Horse, 7 Arabian, 2 Paint Horse, 2 Percheron, 2 Australian Stock Horse, 2 Lusitano, 1 Miniature Horse, 1 Comtois, 1 Criollo, 1 Warmblood.
  • Kuda-kuda berasal daru Perancis, Portugal, Spanyol, Canada, Amerika, Australia dan Belanda.
  • Dalam satu tahun para kuda mengkonsumsi 17500 ikat hay, 16550 kg grain, dan 795 kg wortel.
  • Fasilitas pemandian besar diinstalasi di stable untuk kegiatan grooming.
  • Jendela besar dalam setiap kandang memperbolehkan kuda untuk saling melihat dan komunikasi dengan tetangganya.
  • Kuda terkecil, tingginya sekitar 80 cm, namanya Troubadour. Ia adalah pejantan miniature berusia 15 tahun.
  • Kuda terbesar tingginya sekitar 180 cm. Namanya Merlin- seekor percheron gagah berusia 6 tahun.
  • Kuda-kuda Cavalia tidak ada yang betina. Semuanya jantan atau gelding.

The White Theatre Tent and The Site

  • Tenda putih megah tingginya 35 meter serupa gedung 20 tingkat. 6630 meter persegi berupa bahan canvas digunakan untuk membangun tenda putih yang lebarnya 2440 meter persegi.
  • Layar latar belakang yang lebarnya 60 meter digunakan untuk proyeksi dan special effects.
  • Panggung Cavalia panjangnya 50 meter yang serupa dengan ukuran kolam renang olimpiade.
  • Dibutuhkan 2500 ton (100 truk) pasir dan lumpur untuk membangun panggung Cavalia.

Touring, Travelling dan Backstage

  • Tour Cavalia memperkerjakan 120 orang sebagai pegawai tetap.
  • 100 truk dipakai untuk memindahkan material.
  • Department of Tour Services memesan sebanyak 200 tiket per kota untuk memastikan semua anggota produksi Cavalia sampai pada tujuan berikutnya dengan aman.
  • 56 walkie-talkie dibutuhkan untuk berkomunikasi antara seluruh staff agar acara berlangsung dengan mulus.
  • 120000 liter air daur ulang di pompa kedalam panggung untuk menciptakan danau magis.

Kalau anda penasaran dengan pertujukan megah ini, tontonlah dan rasakan pengalaman yang tidak terlupakan! Mereka akan membawakan pertunjukan baru mereka “Odysseo” bulan November mendatang. Tunggu apalagi? Anda masih dapat memesan tiket untuk bulan November di Ventura County Camarillo, California lewat situs webnya : www.cavalia.com

Leave a Reply